Jumat, 13 November 2015


NAMA :Muhammad Sadeli
KELAS

A.Penyebaran Islam di Nusantara

Bukti-bukti berupa nisan islam tertua ditemukan di leran,jawa timur,yaitu nisan milik seorang perempuan yang bernama fatimah binti maimun yang berangka tahun 475 hijriah (1082M).akan tetapi,bukti ini masih belum disepakati sebagai awal masuknya pengaruh islam di nusantara karena tidak adanya bukti lain sebagai pendukung.keterangan yang lebih dipercaya adalah kronik yang ditulis oleh marco polo,seorang musafir dari venesia yang singgah di sumatera dalam perjalanannya ke cina.di sumatera,ia singgah di perlak atau peureula,aceh utara,pada tahun 1292 M.disana ia menemukan penduduk yang telah beragama islam dan mendapati para pedagang islam dari india(Gujarat)yang sangat giat dalam menyebarkan agama islam.di wilayah sekitarnya,marco polo menuliskan banyak penduduk yang belum beragama islam sehingga ia menyimpulkan bahwa pada saat kedatangannya islam belum terlalu lama masuk ke wilayah perlak.
Marco polo kemudian melakukan kunjungan ke tempat-tempat lainnya,seperti ke samudera pasai.di tempat itu terdapat makam raja-raja islam,salah satunya makam sultan malik as-saleh 696 H(1297).dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa samudera pasai adalah kerajaan pertama di nusantara yang beragama islam.ketika putra sultan malik as-saleh yang bernama sultan muhammad menggantikan ayahnya menjadi raja di samudera pasai hingga tahun 1326,kerajaan ini mendapat kunjungan dari ibnu batuta(1345),seorang utusan sultan delhi yang sedang melakukan perjalanan dari india ke cina.
Menjelang abad ke-15,daerah pelabuhan di pesisir utara jawa penduduknya mulai memeluk agama islam dengan terkonsentrasi di wilayah jepara,tuban,dan gresik.meskipun telah banyak dari penduduknya yang beragama islam,wilayah-wilayah ini masih tunduk pada majapahit sebagai pemerintah pusatnya.hampir pada saat yang sama di luar jawa,tepatnya di malaka,munculpusat perdagangan dan kegiatan penyebaran islam yang baru.rajanya yang pertama bernama paramisora adalah salah seorang pangeran dari majapahit yang berhasil meloloskan diri ketika kerajaan digoyah oleh perang perebutan kekuasaan antarkerabat kerajaan.sementara itu,di bagian timur nusantara muncul pula kegiatan penyebaran islam lainnya,yaitu di ternate.melalui malaka dan ternate.melalui malaka dan ternate,agama islam kemudian mulai menyebar ke seluruh pelosok pedalaman nusantara.penyebaran islam yang lebih intensif terjadi pada abad ke-16,ketika malak sudah dikuasai oleh portugis,sementara majapahit telah digantikan oleh kerajaan demak dan kerajaan samudera pasai telah beralih kekerajaan aceh.
Penyebaran islam yang awalnya terpusat di malaka dengan cepat telah menyebar ke wilayah sekitarnya,seperti ke kampar dan indragiri.islam kemudian meluas ke minangkabau,bengkulu,dan sebagian wilayah batak.kerajaan demak di jawa juga meluaskan ajaran islam ke banten.dari sini kemudian meluas menuju wilayah sumatera bagian selatan,khususnya di lampung,kemudian ke palembang.palembang telah lebih dahulu memeluk agama islam karena jasa dari kiai gede ing suro dari surabaya.
Wali songo antara fakta sejarah dan legenda
Membahas tentang proses penyebaran agama dan kebudayaan islam,khusunya di jawa,kita tidak dapat mengabaikan peran para wali yang berjumlah sembilan orang.para wali adalah orang-orang yang dianugrahi”kharamah”oleh allah,atau seorang mukmin sejati yang membawa kesaksian tentang kebenaran nabi dan rasul.para wali adalah para saksi dari kebenaran Nabi Muhammad.atas dasar inilah,para wali kemudian memiliki tugas utama untuk menyampaikan kebenaran dakwah nabi muhammad.oleh karena itu,sepanjang dakwah islam di dunia,tercatatat sederetan nama wali sebagai juru dakwah,yang dalam proses dakwahnya sering menampilkan kharamah-kharamah yang ajaib dalam rangka mengukuhkan kebenaran islam yang disampaikan oleh nabi Muhammad.
Di jawa kita mengenal istilah wali songo atau wali sembilan sebagai kelompok penyiar agama yang hidup dalam kesucian dan pada umumnya memiliki kesaktian yang luar biasa.menurut profesor K.H.R Mohammad Adnan ,kata songo ini berasal dari bahasa arab,tsana yang berarti mulia,sementara itu,menurut profesor DR.simuh(1986)bilangan”sembilan”(songo)adalah bilangan yang memiliki arti magis bagi masyarakat jawa.pandangan ini berhubungan erat dengan kosmologi hindu,meyakini bahwa alam semesta ini telah diatur dan dilindungi oleh dewa--dewa penjaga mata angin.kosmologi tentang sembilan dewa penjaga mata angin ini dapat kita jumpai pada candi loro jonggrang di kompleks candi prambanan yang disebut dewa kuwera(utara),isyana(timur laut),indra(timur),agni(tenggara),kama(selatan),surya barat daya),baruna(barat),bayu(barat laut),dan ditambah dengan dewa penjaga titik pusat,yaitu syiwa.
Berikut nama-nama wali yang berpengaruh dalam berkembangnya agama islam:
1.Sunan gresik
Sunan gresik memiliki nama asli maulan malik ibrahim.ia juga dianggap sebagai wali songo yang pertama kali menyebarkan agam islam di jawa.masyarakat meyakini bahwa karena itu,ia juga mendapat sebutan lain, yakni syekh maghrib.dalam versi lainnya,ia diyakini berasal dari persia.ia bernama dengan syekh maulana ishaq(ayah sunan giri)merupakan anak dari syekh maulana ahmad jumadil kubro.
2.Sunan Ampel
Memiliki nama asli Raden Rahmat,yang berasal dari champa(kini berada di wilayah vietnam)dan datang ke majapahit pada awal abad ke-15(1446 M),ketika putri champa mendapat serbuan dari vietnam.kedatangannya disambut baik oleh raja brawijaya penguasa majapahit saat itu,yang kemidian mengizinkan Raden Rahmat mendirikan pesantren di Ngampel Denta hinnga selanjutnya ia lebih dikenal dengan nama sunan Ngampel(Ampel).
Kapan sunan ampel wafat tidak ada kepastian yang menulis tentang hal itu,tetapi babad gresik menyatakan bahwa sunan ampel wafat pada tahun 1401 saka(1479 M) atau dalam candrasengkala”awak kalih guna iku”.sunan ampel dimakamkan di surabaya,yang hingga saat ini menjadi pusat ziarah umat islam di seluruh nusantara.
3.Sunan giri
Sunan giri memiliki nama asli Raden Paku.ia adalah putra dari syekh maulana ishak dan salah satu menantu dari sunan ampel.sunan giri memiliki peran penting dalam dakwah islam melalui jalur perdagangan.kegiatan dakwahnya tidak terbatas hanya di jawa,tetapi meluas hingga banjarmasin,martapura,pasirdan kutai di kalimantan;buton dan gowa di sulawesi selatan;nusa tenggara;dan maluku. 
Ibu sunan giri adalah keturunan raja blambangan yang menikah dengan syekh maulan ishak,yang ketika itu menjadi utusan dari sunan ampel untuk menyampaikan dakwah islam ke wilayah tersebut.akan tetapi,syekh maulana ishak kemidian diusir oleh mertuanya yang menolak masuk islam.ketika di blambangan terjadi wabah penyakit,raja blambangan menuduh bahwa wabah tersebut ada hubungannya dengan kelahiran bayi laki-laki putra syekh maulana ishak.

4.Sunan Bonang
Sunan bonang adalah putra keempat sunan ampel dari pernikahannya dengan nyai ageng manila,putri arya teja,bupati tuban.sunan bonang memiliki nama asli pangeran mahdum ibrahim.sunan bonang dikenal sebagai wali yang menguasai ilmu fikih,tasawuf,dan seni sastra.ia menulis suluk yang berjudul suluk wujil,yang berisi kumpulan nasihat yang diberikannya kepada wujil,seorang bekas abdi dalem kerjaan majapahit.ia dikenl sebagai orang yang dapat menemukan sumber air meskipun di tempat yang sulit. sunan bonang mengembangkan dakwah ke daerah pedalaman, seperti kediri,yang masih menganut tantrayana. pada masa awal dakwahnya,ia memiliki jalan dakwah dengan menghancurkan arca, mengubah aliran sungai brantas sehingga penduduk yang tidak mau masuk islam menjadi kesulitan air, mengutuk penduduk satu desa padahal yang melakukan kesalahan hanya satu orang.akibat pilihannya ini,sunan bonang mendapat perlawanan dari para tokoh penganut ajaran bhairawa dan tantrayana.
5.Sunan kalijaga
Nama aslinya adalah Raden Sahid, ia putra dari tumenggung wilwaktiktadari tuban.menurut sumber dalam babad tuban, yang didukung oleh pendapat H.J de Graaft van den berg, sunan kalijaga adalah keturunan dari sayidina abbas bin abdul munthalib, paman nabi muhammad.raden sahid masa mudanya banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang baik, seperti berjudi,minum keras,mencuri sampai akhirnya ia diusir dari istana.ketika diluar istana,perilakunya semakin buruk,ia bahkan menjadi perampok di hutan jatisari, yang dikenal dengan nama lokajaya.
6.Sunan gunung jati
Serupa dengan wali-wali lainnya,berita tentang usul sunan gunung jati muncul dalam berbagai versi.ketika mudanya sunan gunung jati memiliki nama syarif hidayatullah, yang merupakan putra dari sultan hud yang berkuasa di wilayah bani israel.sunan gunung jati wali yang menurunkan sultan-sultan yang berkuasa di kerajaan banten dan cirebon. strategi penyabaran islam yang dilakukannya adalah menaklukkan cirebon dan banten dan memperkuat kedudukan politis sekaligus membina hubungan baik dengan tokoh-tokoh yang berpengaruh di cirebon dan banten melalui pernikahan. selain itu, sunan gunung jati suka mengumpulkan orang-orang yang memiliki kesaktian.

7.Sunan Drajat
Ketika masih muda, ia memiliki nama Raden Qasim.ia adalah puta dari sunan ampel dan adik dari sunan bonang.sebelum menjadi pendakwah yang mengembangkan ajaran islam melalui pendidikan, sunan drajat berguru kepada ayahnya sendiri.selain itu,ia juga berguru kepada sunan gunung jati di cirebon.sunan drajat dikenal sebagai wali yang memiliki kepedulian tinggi fakir iskin, dermawan, memiliki etos kerja yang tinggi,dan membangun solidaritas sosial melalui gotong royong.selain itu, ia juga mengajarkan masyarakat cara membangun rumah dan membuat tandu.
8.Sunan Kudus 
Nama asli sunan kudus adalah raden fatihan atau ja’far shadiq. ia juga putra dar nyi ageng manila, adik dari sunan undung yang berasal dari mesir,dan merupakan murid sunan ampel. sunan kudus adalah cucu dari sunan ampel.sunan kudus dikenal sebagai wali songo yang sangat tegas dalam menegakkan syariat. dalam berdakwah,ia selalu berusaha untuk lebih dekat dengan masyarakat.tujuannya agar lebih memahami kebutuhan mereka.oleh karena itu, sambil bedakwah, ia juga mengajarkan membuat alat-alat pertukangan dengan lebih sempurna,mengajarkan membuat keris sebagai senjata, membuat kerajinan dari emas, dan mengolah logam(besi).
9.Sunan Muria
Sunan muria adalah putra dari sunan kalijaga yang memiliki nama asli raden prawoto atau raden umar said. sunan muria merupakan wali songo dari generasi yang termuda.kisah hidupnya pun tidak terdapat dalam histogarafi dan sedikit diuraikan dalam babad.sama seperti ayahnya, sunan muria jugs berdakwah dengan memaanfaatkan kesenian sebagai media. ia memilih menjadi dalang dengan melakukan lakon carangan(improvisasi)melalui cerita wayang yang dimainkannya, seperti lakon dewa ruci,dewa srani,jamus kalimasada, begawan ciptaning, dan semar mbarung jantur dengan lebih bernapaskan islam. ia juga menciptakan tambang sejenis sinom dan kinanthi yang berisi nasihat dan ajaran tauhid.
10.Syekh Siti Jenar
Syekh siti jenar adalah putra dari syekh datuk saleh seorang ulama dari malaka.ia dikenal sebagai salah satu tokoh yang memiliki pandangan kontroversial pada zamannya. syekh siti jenar dikenal sebagai penyebar ajaran sasahidan yang berpijak pada konsep bersatunya diri manusia dengan tuhan(manungguling kawula gusti).ia juga dikenal sebagai penggagas lahirnya sebuah komunitas baru dengan mengubah konsep dasar kawula hamba atau budak(feodal)menjadi masyarakat egaliter(sederajat)dan membuka hunian baru di lemah abang. kemunculan baru di lemah abang inilah yang mendorong lahirnya kelompok abangan dalam masyarakat muslim. Kaum abangan adalah orang muslim yang tidak menjalankan ajaran islam secara ketatat. 
11. Raden Fatah 
Selain sembilan orang wali dan syeck Siti Jenar yang telah disebutkan diatas, kita juga tidak dapat meninggalkan peran penting Raden Fatah sebagai pendiri kerajaan Demak dalam mengembangkan ajaran dan kebudayaan islam. Historiografi Jawa menuturkan bahwa Raden Fataah adalah putra PrabuBrawijaya, Raja terakhir Majapahit.ibunya adalah seorang perempuan dari cina,yang ketika sedang hamil ia diserahkan kepada putra sulung raja yang bernama Arya Damar yang pada saat itu telah menjadi penguasa di palembang.setelah dewasa,Raden Fatah belajar kepada sunan Ampel di jawa,yang kemudian memerintahkan kepadanya untuk membuka pendukuhan di glagahwangi. Akan tetapi, ada penolakan dari masyarakat setempat sehingga Raden Fatah kemudian menuju ke demak dan membangun pendukuhan di sana. dalam waktu singkat, pendukuhan tersebut berkembang pesat.kemudian raden fatah diundang prabu brawijaya ke majapahit dan diangkat menjadi adipati di bintara(Demak), dengan ketentuan setiap tahun ia harus menghadap ke majapahit sebagai tanda setia kepada raja.

B.Warisan Kebudayaan Kerajaan Islam Di Nusantara
1.Budaya
Kerajaan-kerajaan besar yang berlatar belakang islam di nusantara tidak hanya menjadi pusat penyebaran agama, tetapi juga menjadi pusat perkembangan kebudayaan baru.sebagian besar masyarakat masih mempunyai akar yang kuat dengan pra-islam, yakni hindu, tetapi sebagian lagi telah memiliki sebbuah bentuk kebudayaan baru yang bersemangatkan islam.hasil kebudayaan islam yang penting akan diuraikan secara singkat sebagai berikut.
a.Kesusastraan
Beberapa hasil kebudayaan yang menonjol pada masa perkembangan islam adalah kesusastraan atau seni sastra.perkembangan pesat seni sastra terutam terdapat di malaka dan jawa. Di malaka, kesusasteraan merupakan hal yag baru,sedangkan di jawa merupakan perkembangan dari kesusastraan yang sudah ada sejak masa hindu-budha.dibandingkan dengan hasil pada masa hindhu-budha. Berikut ini kesusatraan yang berkembang  pada masa islam.
1) Hikayat
Sejumlah hikayat yang ditulis pada masa ini,masih banyak menggunakan sumber dari kitab-kitab mahabharata, ramayana, dan pancatantra yang ditillis masa hindhu-buddha.  Gubahan hikayat baru yang bersumber dari kitab-kita tersebut menghasilkan beberapa hikayat seperti,hikayat pandawa lima, hikayat maharaja dalam dua bentuk,yaitu syair dan  prosa.
2) Babad
Babad adalah cerita sejarah yang umumnya menguraikan tentang peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.pada masa kerajaan hindhu-buddha ,kita mengenal kitab negarakertama dan pararaton, yang urainya bersifat istanasentris, namun dapat memberikan gambaran tentang keadaan kerajaan dan masyarakat pada masa itu. Babad yang ditulis pada masa perkembangan kebudayaan islam diantaranya babad tanah jawi dan babad giyanti.selain itu, ada juga babad sejarah melayu yang lebih dikenal dengan nama sulalat us-salatin,yang ditulis oleh bendahara tusn muhammad,patih kerajaan johor atas pemerintah raja abdullah,adik dari sultan riayat syah III.babad ini ditulis antara tahun 1612-1615 M.sewaktu kerajaan johor mendapat serangan dari kerajaan aceh.babad giyanti yang ditulis oleh yasadipura berisi tentang peristiwa yang berhubungan dengan pecahnya kerajaan mataram.
3) Suluk
Suluk merupakan salah satu jenis kesusasteraan yang berkembang pada masa pengaruh islam.suluk berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan ajaran tasawuf yang sifatnya sangat pantheistis,yaitu tentang bersatunya manusia dengan tuhan.

B.kesenian,pahat, ukir,lukis,dan seni pertunjukkan
Dalam ajaran islam,terdapat larangan untuk melukiskan makhluk hidup terutama manusia meskipin hal ini di india maupun di persia tidak terlalu dihiraukan,di nusantara hal ini sangat ditaati.sejak masuknya pengaruh agama dan kebudayaan islam ,seni pahat, seni ukir, seni lukis dan pembuatan relief yang pada msa hindhu-buddha berkembang pesat pada masa ini mengalami penurunan dengan pesat, kecuali di bali.
C.seni arsitektur
1) Masjid
Masjid adalah bangunan yang digunakan oleh para pengikut islam sebagai tempat untuk salat.menurut pandangan islam,allah berada di mana saja sehingga untuk menyembahnya dapat di mana saja asalkan sesuai dengan ketentuan. Namun,ketika melaksanakan salat jumat, harus dilakukan secara bersama-sama sehingga diperlukan tempat yang cukup luas, yakni masjid atau dalam bentuknya yang lebih kecil disebut dengan surau atau langgar`
Ciri-ciri bangunan ini adalah sebagai berikut:
A) Bentuk bangunannya bujur sangkar.
B) Memiliki atap yang ditopang oleh empat buah tiang utama(sakaguru).
C) Ruangan sebelah barat tersedia tempat yang melengkung ke dalam(ceruk).
D) Di sebelah kanan mihrab tersedia mimbar yang digunakan sebagai tempat khotib berkhotbah sebelum salat jumat dimulai.
E) Oleh karena setiap melaksanakan salat harus menghadap kiblat.  
2) Bangunan makam
Salah satu fungsi candi pada masa hindhu-buddha adalah sebagai makam yang menjadi kediaman manusia yang terakhir dan bersifat abadi.seseorang yang meninggal dan dimakamkan dihari yang ke-1000 setelah ia meninggal pada makamnya akan dibangun jirat dan diatasnya akan dibuat cungkup, yaitu bangunan mirip rumah yang berfungsi sebagai pelindung makam.
Namun,pada masa islam kuno, seperti makam maulan malik ibrahim,makam raja-raja pasai,dan makam yang terdapat kompleks pemakaman tralaya majapahit tidak kita jumpai makam yang diberi cungkup.makam kuno yang berada di tralaya hanya menggunakan jirat yang didatangkan diluar nusantara.pelatakan para makam bangsawan islam terutama di jawa, memiliki ciri yang khusus seperti dibangun diatas perbukitan, diletakkan berkelompok-kelompok menurut hubungan kekerabatan, diberi batas tembok, dan terdapat pintu gapura pada pintu masuk.

D. Konsep keagamaan
Sejak kelahiran islam pada masa abad ke-7 di mekah dan madinah hingga tahap perkembangannya pada abad ke-13,islam telah menjadi agama besar dunia.kekuasaan wilayah islam pada masa ini pun membujur dari spanyol,maroko,hingga india.namun, dari segi kebudayaan tidak banyak yang dapat dibawa oleh bangsa arab karena daerah-daerah yang kemudian dikuasainya selama berabad-abad sebelumnya telah menjadi pusat peradaban dunia,seperti suriah,mesir,persia,dan india.akibatnya, perlahan-lahan budaya yang mereka bawa melebur dengan akar-akar kebudayaan dengan yang telah tumbuh dalam masyarakat bersangkutan.namun,bangsa arab telah menanamkan dua unsur dalam kebudayaan yang luas itu,yaitu bahasa arab dan agama islam itu sendiri.kedua unsur ini menjadi unsur pengokoh dari pencampuran kebudayaan-kebudayaan yang telah lebih dahulu ada ke arah kebudayaan baru atau yang disebut kebudayaan islam.dengan demikian, kebudayaan islam inilah yang kemudian berhasil mencapai puncak kejayaan dalam khazanah budaya internasional.
Dalam kitab fikih tercantum kewajiban terpenting bagi kaum muslim untuk menegakkan tiang agama islam, yaitu syahadat, salat, puasa, zakat, dan haji.kelima tiang ini disebut dengan arkan-al islam atau rukun islam yang dapat dijelaskan sebagai berikut.
Syahadat merupakan pernyataan dari orang islam,bahwa”tidak ada tuhan kecuali allah dan muhammad adalah rasul allah”.pernyataan ini merupakan pernyataan utama bagi mereka yang memiliki kepercayaan dalam agama islam.
Salat, yang berarti menghadap dan menyembah kepada tuhan.salat dapat dilkukan di mana saja sesuai dengan ketentuannya seperti dilakukan di tempat yang bersih,yang melakukan salat harus dalam keadaan suci.ada dua macam cara pembersihan yaitu melalui wudhu dengan membasuh tangan,berkumur-kumur, membasuh muka dan tangan hingga siku,menyapu kepala,mambasuh telinga,dan mencuci kaki.selain wudhu,cara kedua adlah ghusl,yaitu mencuci badan secara keseluruhan atau mandi.

Puasa merupakn kewajiban bagi orang islam yang sudah akil balig untuk tidak makan dan minum,yang dimulai dari waktu fajar hingga tenggelamnya matahari yang dikerjakan selam bulan ramadhan.selain tidak makan dan minum,umat islam yang menjalankan puasa juga harus menjauhkkan diri dari pikiran,ucapan, dan perbuatan yang tidak baik serta dianjurkan agar lebih banyak beribadah dan membaca al-quran.
Zakat adalah pemberian yang diwajibkan berupa harta setahun sekali dengan jumlah kira-kira 1/40 dari jumlah kekayaan (penghasilan) yang ada dalam masa setahun.zakat yang terkumpul kemudian dimasukkan ke dalam baitul mal untuk kemudian dipergunakan untuk membantu kepentingan masyarakat musklim yang membutuhkan.zakat biasanya disatukan dengan pemberian zakat lain yang disebut dengan zakat fitrah yang harus dibayarkan pada saat pada mas puasa terakhir.
Haji adalah kegiatan berziarah ke kota suci mekahsebagai kewajiban yang harus dijalankan oleh para penganut islam.hal ini diwajibkan kepada mereka yang mampu melakukannya.mampu disini artinya adlah memiliki jasmani maupun rohani yang sehat,mempunyai biaya yang cukup untuk pulang dan pergi,dan mampu meninggalkan biaya bagi keluaraga yang di tinggal.

2.Sistem sosial,ekonomi,politik dan pemerintahan
A. Gambaran umum kondisi sosial-politik kerajaan-kerajaan islam
Kerajaan-kerajaan nusantara yang berlatar belakang islam terutama yang berlokasi di wilayah bagian barat,mulai berkembang sejak awal abad ke-16.kerjaan tersebut di antaranya malaka,johor,dan aceh.akan tetapi,malaka yang semula menjadi kota pelabuhan terbesar harus menyerah kepada portugis pada tahun 1511.di seberang selat malaka, berdiri kerajaan aceh.akibat kejatuhan malak ke portugis,banyak pedagang muslim yang kemudian mengalihkan kegiatan perdagangan mereka ke pelabuhan aceh.
Meskipun pemerintah sultan iskandar muda dianggap berhasil membawa aceh ke zaman keemasan, tetapi kerajaan ini pun berdiri di atas landasan yang rapuh,artinya dapat dijelaskan sebagai berikut.
Masyarakat aceh bukan masyarakat agraris,sedangkan hasil pertanian sangat diperlukan bagi keberhasilan perang dan perdagangan.

Wilayah pedalaman tidak mampu mendukung kebutuhan dasar(pangan)masyarakat kota.
Persatuan antar penduduk aceh sangat longgar.bahasa melayu sebagai pengantar hanya dikenal oleh masyarakat perkotaan, sedangkan masyarakat aceh terdiri dari berbagai suku masih menggunakan bahasa daerah masing-masing.
Perkembangan kota berlangsung lebih cepat dibanding kemampuan masyarakat pedalaman dalam menunjang keutuhan masyarakat kota.
Peran kelompok-kelompok elite kerajaan tidak selalu mudah dikendalikan.

B. Warisan sosial,sistem politik,dan pemerintahan
1) sistem politik dan pemerintahan
Hampir semua kerajaan besar yang pernah ada di nusantara mempunyai kondisi yang sama,dengan memberi pengaruh terhadap kehidupan dan politik melalui faktor-faktor berikut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar